Apa Yang Terjadi Jika Tanpa Sengaja Menelan Permen Karet?

Permen karet termasuk salah satu jajanan yang bisa dikonsumsi siapapun tanpa mengenal usia. Dengan mengunyah permen karet sendiri, membuat kita meredakan rasa stress dan cenderung menenangkan. Sayangnya, untuk anak-anak yang mengkonsumsi permen karet, mengunyah permen karet dapat menjadi masalah besar karena mereka justru menelan permen karet alih-alih membuangnya ke tempat sampah.

Apa Yang Terjadi Jika Tanpa Sengaja Menelan Permen Karet

Lalu bagaimana jika anak menelan permen karet? Apakah hal ini akan berbahaya bagi kesehatannya?

Menurut ahli kesehatan menyebut jika orang tua tidak perlu panik saat anak menelan permen karet. Faktanya, secara alami sistem pencernaan tubuh bekerja dengan unik untuk mengatasi benda-benda yang secara alami sulit dipecah atau dicerna layaknya permen karet. Permen karet yang sulit untuk dicerna membuat usus menjadi bergerak aktif untuk terus menggerakkan permen karet agar segera terbuang melalui anus. Intinya, walaupun permen karet cenderung lengket dan ditakutkan bisa tertahan pada salah satu organ pencernaan, permen karet ternyata tidak mampu mengalahkan kekuatan usus sehingga pada akhirnya hanya akan terbuang begitu saja saat buang air besar.

Walau begitu, ahli kesehatan juga menyatakan jika sebaiknya orang tua tetap khawatir jika anak menelan permen karet dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu singkat. Hal ini bisa menyebabkan anak mengalami tersumbatnya sistem pencernaan. Jika kondisi ini tidak bisa dihindari, sebaiknya segerakan anak untuk minum air putih yang cukup banyak untuk mendorong permen karet masuk lebih dalam agar tidak menyumbat. Selain itu, berikan anak makanan lainnya untuk membantu permen karet terdorong masuk kedalam usus dan cepat dibuang bersama kotoran.

Posted by Anak Kita Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *