Bahaya ISPA Pada Anak Balita

ISPA atau Infeksi saluran pernapasan akut, adalah kondisi dimana terjadi infeksi di salruran bagian sinus, tenggorokan, saluran udara atau paru-paru, dan disebabkan oleh bakteri ataupun virus.

Bahaya ISPA Pada Anak Balita

Pada balita yang menderita ISPA, kondisinya sering kali terabaikan sebab, gejalanya serupa dengan flu biasa. Maka dari itu ada baiknya jika gejala sekecil apapun yang terjadi pada anak yang berhubungan dengan kesehatannya, segera bawa dia ke dokter untuk diagnosis yang sebenarnya.

Berikut ini adalah gejala dari infeksi saluran pernapasan akut pada anak.

1. Tidak nafsu makan.

Infeksi saluran pernapasan akut pada anak menyebabkannya mengalami sakit di tenggorokan dan juga radang, karena virus masuk ke tenggorokan. Dampaknya, si kecil mengalami kesulitan dalam menelan makanan dan minuman. Batuk dan pilek yang biasanya datang bersamaan dengan sakit tenggorokan ini juga membuatnya tidak nafsu makan, sehingga tubuhnya pun menjadi lemas.

2. Gangguan pernapasan.

Virus penyeabb ISPA pada balita menyerang sistem pernapasan atas, diantaranya hidung, tenggorokan dan paru-paru. Dampak dari kondisi ini adalah terganggunya sistem pernapasan dan tentu saja kondisi ini tidak bagi kesehatan si kecil karena berdampak langsung dalam mengganggu sistem tubuh lainnya. Kesulitan bernapas juga membuat tubuh kekurangan oksigen yang sangat dibutuhkan tubuh. Akibatnya organ-organ tubuh lain tidak berfungsi dengan baik juga.

Ingat, walaupun gejala yang dialami anak memang benar-benar seperti flu biasa, ada baiknya tetap memeriksakan kondisi ke dokter.

Baca juga :

Saat Anak Cedera Kepala, Apa Yang Harus Dilakukan?

Obat Sakit Mata Tradisional Untuk Anak Yang Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *