Bolehkah Madu Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Penderita Diabetes identik dengan membatasi mengurangi konsumsi makanan mengandung gula atau bersifat manis. Hal ini diakrenakan jenis makanan tersebut akan menyebabkan lonjakan gula darah di dalam tubuh penderitanya.

Bagaimana dengan madu? Cairan manis ini telah terbukti ampuh dalam membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan manfaatnya sangat baik jika dikonsumsi oleh tubuh. Namun, apakah hal yang sama juga berlaku pada penderita Diabetes?

Bolehkah Madu Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Madu dianggap sebagai alternatif gula yang lebih sehat. Akan tetapi, jika keduanya dibandingkan, baik gula dan madu sama-sama mengandung fruktosa dan glukosa dalam jumlah 1:1. Perbedaannya adalah madu mengandung lebih banyak zat gizi dibandingkan gula, diantaranya kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin B, magnesium, fosfor, zink, dan kalium. Selain itu, madu juga mengandung protein, dimana zat ini tidak ditemukan pada gula.

Namun apakah ini berarti jika madu aman dikonsumsi oleh penderita Diabetes? Dalam sebuah penelitian disebutkan jika penderita Diabetes yang mengonsumsi madu dapat mengalami kenaikan gula darah yang lebih tinggi di 30 menit pertama. Akan tetapi, kadar gula darah yang tinggi tersebut akan turun lebih cepat dan bertahan di angka yang rendah selama dua jam berikutnya. Namun sayangnya, penelitian tersebut tak dapat dijadikan acuan. Ini karena para ahli masih menemukan hasil penelitian yang saling bertolak belakang.

Dalam penelitian lain yang dilakukan selama kurang lebih delapan minggu menemukan jika penambahan madu dalam diet penderita Diabetes dapat memperbaiki kadar gula darah jangka pendek. Sementara itu, penelitian lainnya menemukan jika penambahan madu dalam diet penderita Diabetes malah memperburuk kadar gula darah jangka panjang. Berbeda dengan kedua penelitian tersebut, studi lain yang dilakukan pada 2014 justru menyatakan jika kombinasi madu dengan obat pengontrol gula darah memiliki keuntungan tersendiri. Madu diyakini dapat melengkapi pengobatan Diabetes, karena kaya akan antioksidan, membantu mengelola kadar gula darah dan turut meningkatkan produksi insulin.

Jadi, kesimpulan yang bisa didapat tentang Bolehkah Madu Dikonsumsi Penderita Diabetes? Jawabannya tergantung pada beberapa faktor. Misalnya, jumlah madu yang dikonsumsi, keadaan kontrol gula darah, dan sebagainya.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *