Buah-buahan Untuk Meredakan Panas Dalam Anak

Panas dalam mungkin termasuk penyakit yang cukup ringan, hanya saja dampak dari panas dalam juga harus dikhawatirkan. Apalagi jika terjadi pada anak-anak. Panas dalam yang terjadi bisa menyebabkan gangguan tertentu pada sistem pencernaannya.

 

Buah-buahan Untuk Meredakan Panas Dalam Anak

Penyebab dari panas dalam pun beragam, diantaranya :

  • Kurangnya asupan Vitamin C, serat dan kebutuhan cairan.
  • Faktor cuaca yang terlalu panas.
  • Stress.
  • Ketidakstabilan hormon tertentu di dalam tubuh, juga
  • Daya tahan tubuh yang menurun.

Panas dalam bisa dilihat dari gejala yang terjadi seperti terjadi sariawan, bibir pecah-pecah, bau mulut, mengalami sakit tenggorokan, batuk, sering merasa haus, badan meriang, dan sembelit.
Buah-buahan Untuk Meredakan Panas Dalam Anak

Pada anak-anak panas dalam bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah-buahan tertentu, dan berikut adalah 14 jenis buah yang bisa meredakan panas dalam pada anak juga pada orang dewasa selain dengan obat. Diantaranya :

1. Pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah dengan kandungan mineral kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan bersi. Antasid di dalam buah pisang juga dapat membantu mencegah kenaikan asam lambung yang menjadi penyebab dari panas dalam. Vitamin A, Vitamin B6 dan beta karoten di dalamnya juga dapat membantu menjaga sistem metabolisme dari dalam tubuh agar tetap sehat.

2. Jeruk.

Buah jeruk dikenal sebagai buah menjadi sumber Vitamin C. Vitamin C adalah zat yang sangat bermanfaat dalam mengatasi panas dalam. Namun kelebihan lain dari buah jeruk adalah kandungan asam askorbat yang dapat membantu menetralkan asam lambung.

3. Jambu biji.

Sebenarnya kandungan Vitamin C dari Jambu biji lebih banyak dibandingkan dengan kandungan Vitamin C dalam jeruk. Dalam 100gr Jambu biji, dapat menghasilkan kira-kira 180gr Vitamin C.

4. Jambu monyet.

Jenis jambu lain yang ternyata bermanfaat dapat mengatasi panas dalam adalah Jambu monyet. Kandungan Vitamin C didalam Jambu monyet 5 kali lebih banyak dari buah Jeruk. Setuao 100mg sajian dari Jambu monyet, menghasilkan 265mg Vitamin C.

5. Apel.

Apel juga termasuk buah yang memiliki kandungan Vitamin C, kaya serta dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita panas dalam. Sembelit dan diare akibatpanas dalam tadi juga dapat diatasi dengan buah Apel.

6. Delima.

Buah Delima kaya akan kandungan Potasium, Vitamin A, C dan E, juga asam folik. 100gr sajian dari buah Delima menghasilkan 30mg Vitamin C.

7. Sirsak.

Sirsak adalah buah yang memiliki kandungan cukup berlimpah, seperti karbohidrat, kalium, fosfor, dan yang paling dominan adalah Vitamin C.

8. Blewah.

Blewah berasal dari tanaman merambat yang termasuk golongan tanaman Genus Cucumis. Buahnya ternyata kaya kandungan nutrisi seperti Mineral, Kalium, Serat, Vitamin A dan C. Keunggulan lainnya yaitu bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh, menjaga fungsi ginjal, limfa, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, serta buah untuk obat panas dalam dan sariawan.

9. Tomat.

Tomat merupakan buah dengan kandungan Kalium, Folat, Thiamin, Niacin, Magnesium, Fosfor, Sodium rendah, lemak jenuh, Kalori, Vitamin A, C dan K.

10. Mangga.

Mangga juga termasuk buah yang baik dikonsumsi ketika panas dalam karena didalamnya terdapat Vitamin C alami. Manfaatnya? Magnesium

11. Kiwi.

Jenis buah yang termasuk Genus Actinidia, berasal dari China. Kandungan pada buah Kiwi diantaranya zat antioksidan yang dapat mengurangi efek peradangan pada tubuh. Kandungan lainnya yang melenngkapi manfaat dari buah Kiwi, diantaranya Protein, Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, C, E, K, Karbohidrat, Kalium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Natrium dan Seng.

12. Strawberry.

Salah satu jenis buah yang cukup digermari anak-anak ini menjadi salah satu buah yang bermanfaat untuk mengatasi panas dalam. Di dalamnya juga sarat kandungan nutrisi penting seperti Mineral, Vitamin A, B, B2, B3, B5, B6, C, beta karoten, asam folat, Kalsium, Magnesium, Potasium, Sodium, Seng, dan Besi yang berfungsi sebagai antioksidan yang mudah diserap tubuh.

13. Anggur.

Tanaman anggur termasuk jenis dari Genus Vitis. Kandungan polifenol di dalam buah ini sangat baik untuk proses metabolisme tubuh, juga baik dalam mengatasi gejala panas dalam akibat sariawan. Anggur memiliki kandungan Vitamin C dalam 100gr saja, mengandung sekitar 10.8mg Vitamin C.

14. Alpukat.

Alpukat juga bemranfaat baik dalam mengatasi panas dalam di dalam tubuh karena kandungan Zat Besi, Vitamin E dan kaya kandungan serat didalamnya.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan tersebut selain lebih enak dalam mengatasi panas dalam, juga pasti tidak akan ditolak oleh anak karena biasanya anak akan cukup susah hanya untuk mengkonsumsi obat-obatan.

Semoga bermanfaat.

Buah-buahan Untuk Meredakan Panas Dalam Anak |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *