Cara Cepat Penanganan Luka Bakar Pada Si Kecil

Anak-anak yang mengalami luka pada saat bermain memang hal wajar, namun perlu diperhatikan tentang bagaimana jenis luka yang anak dapatkan. Bisa saja anak mengalami luka bakar yang serius, karena orangtua yang kurang tanggap luka yang dialami anak bisa menyebabkan infeksi hingga sulit untuk disembuhkan.

Cara Cepat Penanganan Luka Bakar Pada Si Kecil

Baca juga : Manfaat Baik Untuk Anak Yang Ikut Berpuasa

Maka dari itu, sebaik-baiknya sebagai orangtua kita harus selalu mengetahui apa yang akan dilakukan anak, seperti ketika dia bermain kemudian mendapat luka. Anda harus tanggap untuk cepat menangani luka tersebut. Untuk itu, disini saya akan berbagi tentang 4 cara cepat yang bisa Anda lakukan untuk menangani luka bakar yang terjadi pada anak. Diantaranya, adalah :

 

  • Pertama, jika anak Anda mengalami luka bakar ringan.

Langkah yang tepat dilakukan oleh orangtua adalah dengan menggunakan air. Siramkan air mengalir untuk menurunkan suhu bagian tubuh yang terbakar. Jika tidak ada air di lingkungan sekitar, gunakan apapun yang bersifat cair seperti susu misalnya. Sebaliknya, terkadang orang-orang malah langsung mengatasi luka tersebut dengan mengoleskan pasta gigi, mentega dll. Padahal hal tersebut kurang efektif untuk mengatasi luka bakar.

  • Kedua, cara mengatasi luka bakar serius pada anak.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Sama dengan perawatan luka bakar ringan, siram bagian kulit yang terbakar dengan air selama 10-20 menit. Air yang digunakan harus air yang MENGALIR, bukan dengan merendam bagian tubuh yang terluka pada air. Hindari menggunakan air es karena berpotensi menimbulkan hipotermia.

2. Jika luka terjadi pada area tubuh yang tertutup pakaian, buka pakaian tersebut untuk membantu Anda memudahkan menangani luka. Tutupi area luka bakar dengan kain bersih yang tidak berserabut untuk menghindari infeksi sebelum dibawa ke dokter.

 

  • Ketiga, jika luka bakar terjadi pada daerah mulut dan tenggorokan.

Jenis luka bakar yang terjadi pada mulut dan tenggorokan dapat terjadi jika anak secara tidak sengaja menelan cairan kimia keras, misalnya cairan pembersih lantai, atau air keras. Jika si kecil mengalami kejadian tersebut, segera bawa mereka ke rumah sakit. Luka bakar jenis ini sangatlah serius karena dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan di daerah tenggorokan dan sekitarnya. Resiko yang menyertai luka jenis ini adalah kesulitan bernafas dan tercekik.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk anak yang menderita luka bakar. Cepat tanggap dalam menangani hal tersebut, dan upayakan selalu keselamatan pada anak-anak. Salam!

 

Cara Cepat Penanganan Luka Bakar Pada Si Kecil |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *