Cara Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Seorang Pemalu

Dalam proses perkembangan dan pertumbuhan anak-anak, merupakan bagian yang paling penting. Pada pertumbuhan anak, biasanya yang diamati adalah pertumbuhan tinggi badan dan berat badannya. Sedangkan dalam perkembangan berkaitan dengan kepribadian seseorang.

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Seorang Pemalu

Anak yang memiliki sifat pemalu sebenarnya tidak apa-apa, dan masih wajar. Namun sifat pemalu ini sebaiknya dilatih untuk tetap tidak bertahan di sisi anak karena bisa saja semakin dewasa, sifatnya yang ini tidak hilang. Berbeda dengan anak yang memiliki sikap ceria, dan terlihat merasa senang sepanjang waktu, dan lebih senang terhadap orang-orang baru, bercakap-cakap tanggap walaupun baru bertemu dengan orang yang baru dikenal sekalipun.

Pada anak pemalu, anak cenderung meminta dilindungi dan berlindung di belakang Anda ketika bertemu dengan orang lain karena merasa malu dan tidak percaya diri. Dan sikap seperti inilah yang seharusnya diubah dan kalau perlu dihilangkan.

Berikut ini adalah Cara Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Seorang Pemalu yang mungkin bisa Anda terapkan pada anak Anda yang masih kecil.

  • Biarkan anak bereksplorasi.

Masa anak-anak adalah masa dimana rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang baru sangatlah besar. Saat anak sedang beraktivitas, berikan ia ruang dan kesempatan untuk mengeksplorasi segala hal yang diinginkan. Dengan eksplorasi tersebut dapat membantu tumbuh kembang anak dalam membentuk citra dirinya. Namun sebaiknya tetap Anda awasi, sebab bisa saja ada aktivitas yang berbahaya bagi anak Anda.

  • Jangan marahi anak.

Saat sedang bermain di luar rumah, kemudian tiba-tiba anak Anda malu serta tidak mau bergaul dengan orang sekitar, sebaiknya jangan memarahi anak Anda. Sebab, mereka cenderung menjadi lebih pemalu dan justru takut.

  • Jangan pernah menyebut anak Anda pemalu.

Selain tidak boleh memarahi anak, Anda juga sebaiknya tidak boleh memberi label anak Anda sebagai anak yang pemalu. Dengan label tersebut, dapat membuat sifat pemalu tertanam dalam kepribadiannya.

  • Jalin komunikasi yang baik dengan anak.

Sering-seringlah untuk mengajak anak Anda mengobrol di rumah seperti ketika sedang menonton televisi atau sedang berkumpul dengan keluarga. Dengan komunikasi yang baik, dapat membuat anak Anda lebih berani mengungkapkan masalahnya kepada Anda. Sehingga pada waktu mengobrol, Anda juga dapat sekaligus membantu anak memecahkan masalah malunya.

  • Latih anak untuk bersosialisasi.

Untuk melatih anak bersosialisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti daftarkan anak Anda sekolah jika anak Anda belum sekolah. Selain itu mungkin juga bisa dengan cara membawa anak Anda bepergian ke suatu tempat seperti berlibur ke taman bermain atau sekedar ke rumah kerabat.

  • Ajarkan anak cara melawan rasa takut.

Karena tidak dapat bergaul dengan orang lain, anak yang pemalu lebih sering merasa takut dan cemas. Untuk mengatasinya, Anda bisa menasehati anak bahwa setiap orang pasti pernah salah, jadi jangan merasa takut selama tidak merugikan orang lain. Serta akan lebih baik lagi jika Anda juga mengajarkan kepada anak bagaimana cara memecahkan masalah yang dihadapinya secara mandiri.

  • Berikan pujian.

Beri anak Anda pujian ketika anak sudah mulai berani tampil di depan atau sekedar mengobrol dengan orang lain. Karena hal tersebut sudah mulai menunjukan bahwa si buah hati mulai dapat menghilangkan rasa malunya. Dengan pujian, anak akan merasa senang dan semangat atau lebih berani dan percaya diri.

Semoga bermanfaat, salam!

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *