Cara Yang Tepat Untuk Mengatasi Anak Demam

Anak demam adalah salah satu kondisi, dimana anak akan mengalami kenaikan suhu badan yang tinggi / diatas normal. Selain itu demam ternyata juag berupakan indikasi adanya penyakit.

Cara Yang Tepat Untuk Mengatasi Anak Demam

Seringkali orangtua salah mengartikan demam adalah penyakit, dan buru-buru memberikan anak obat demam sembarangan. Padahal, ada beberapa cara yang masih bisa dilakukan (tanpa obat) untuk mengatasi anak demam. Dan berikut ini, beberapa cara yang bisa dilakukan ketika anak demam, berdasarkan theasianparent.

1. Mandikan anak dengan air hangat.

Ketika anak demam, pastikan anak mandu dengan air hangat. Air hangat telah terbukti sangat membantu dalam mengatasi demam anak.

2. Lakukan pemijatan dengan bahan-bahan herbal.

Anak yang mengalami demam, salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan pemijatan namun menggunakan bahan-bahan alami. Seperti menggunakan minyak kayu putih atau minyak kelapa dengan tambahan 2 sampai 3 bawang merah yang sudah diparut, tambahkan seiris jeruk nipis atau asam jawa. Pijatkan ramuan tersebut di punggung, dada dan perut anak.

3. Kipas angin.

Lho, kenapa harus kipas angin? Demam anak bisa turun suhunya jika mengalakan kipas angin tapi tidak diarahkan langsung ke anak. Berdasarkan situs babycenter.com, ketika kipas angin ini dinyalakan, anak yang mengalami demam secara perlahan suhu tubuhnya juga ikut turun. Nah, sebaiknya jangan biarkan anak memakai pakaian tipis ketika terapi demam dengan kipas angin ini ya.

4. Kompres dahi.

Dari jaman dulu, biasanya anak demam sudah pasti akan dikompres. Pastikan kompres anak dengan handuk yang telah dibasahi air hangat sebelumnya.

5. Naikan sistem kekebalan tubuhnya.

Sangat mudah membuat anak yang memiliki kekebalan tubuh rendah, untuk menaikan sistem imun / kekebalan tubuhnya. Anda bisa memberikan dia makanan bergizi seperti kuah kaldu asli (rebusan dari ayam / daging buatan sendiri).

6. Pastikan anak mendapat tidur dan istirahat yang cukup.

Salah satu membuat demam anak turun dan membaik berikan anak istirahat yang cukup. Jika si kecil terus bergerak aktif, demam dan suhu tubuh malah akan semakin meningkat. Untuk itu, biarkan dia tenang dan tidur, maka demam akan turun.

REKOMENDASI : Obat Tradisional Untuk Menurunkan Panas Demam Pada Anak

Cara Yang Tepat Untuk Mengatasi Anak Demam |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *