Hal Berikut Ini Yang Bisa Membuat Anak Stress

Anak Kita Sehat,- Permasalahan stress tidak hanyat terjadi pada orang dewasa saja tapi juga anak-anak. Ya, ada beberapa hal atau kondisi umum yang bisa menyebabkan anak mengalami stress, bisa karena lingkungan, tekanan sosial dan lain sebagainya.

Hal Berikut Ini Yang Bisa Membuat Anak Stress

Untk mengetahui dan mengenali gejala stress yang terjadi pada anak biasanya daoat terlihat dari perubahan pola tidurnya. Selain itu anak yang mengalami gangguan stress karena memikirkan sesuatu atau lainnya juga memiliki perubahan emosi yang drastis, tidak memiliki nafsu makan bahkan saat diberi makanan kesukaannya.

Untuk para orangtua sangat baik jika mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membuat anak mengalami kecemasan / stress tersendiri. Dan berikut ini adalah 6 hal yang ternyata bisa membuat anak beresiko memiliki stress, diantaranya :

  • Aktifitas seusai sekolah.

Terkadang tidak semua anak akan bisa memiliki kekuatan fisik dan otak dengan melakukan kegiatan belajar lain (diluar sekolah). Sebagian mungkin memang menyukai les dan kursus setelah sekolah, tapi sebagian lagi hal tersebut malah terasa semakin berat. Padatnya jadwal di sekolah ditambah setelahnya masih harus berkutat dengan pelajaran akan membuatnya kelelahan. Kadang-kadang memang orangtua berpikir lebih baik jika anak terus belajar tanpa bermain. Namun hal inilah yang bisa menyebabkan anak-anak stress. Berikan sedikit waktu dan kesempatan untuk anak merasakan bermain, berkreasi dengan apa yang dia inginkan. Karena belajar tidak hanya bisa didapat dari materi pelajaran sekolah kan? Belajar juga bisa ditemukan dilingkungan, dan anak bisa mengembangkan kreatifitasnya.

  • Kurang tidur.

Usia anak memiliki produktifitas baik dan waktu yang cukup untuk tidur sangat diperlukan. Jika anak kurang tidur maka secara alami hal tersebut akan berpengaruh pada mood, memori mengingat dan berdampak buruk pada kemampuan belajarnya. Jadi sebaiknya, bataasi anak waktu bermain gadget dan pastikan mereka tidur di jam waktunya.

  • Intimidasi.

Belakangan kasus seperti ini sudah jadi perhatian hal layak umum, tentang intimidasi di sekolah atau bullying. Secara umum tindakan seperti ini akan berpengaruh pada anak yang terintimidasi, secara verbal maupuin nonverbal dan beresiko anak akan merasa tertenkan. Hati-hati jika anak yang biasanya ceria kemudian jadi pemurung, tanyakan apa yang terjadi padanya dengan baik, lalu lakukan konsultasi yang baik bersama guru dan teman sekolahnya.

  • Penyakit kronis.

Penyakit juga bisa menjadi salah satu bentuk buruk yang menyebabkan anak menjadi stress. Anak biasanya akan semakin merasa stress ketika terjadi penyakit seperti down syindrome, asma, oesitas, HIV, ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang merujuk kedapa gangguan pemusatan perhatian daj hiperaktifitasnya.

Itu dia sedikitnya penyebab anak juga berisiko terkena stress. Sebaiknya kondisi seperti ini cepat diketahui ya, untuk mencegah tindakan atau kondisi menjadi lebih buruk lagi. Tetap pusatkan perhatian pada anak, jangan lengah dan pastikan untuk mengetahui bagaimana perasaan anak setiap harinya. Semoga bermanfaat!

Hal Berikut Ini Yang Bisa Membuat Anak Stress |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *