Jangan Sembarangan Memutuskan Untuk Mengoperasi Amandel

Amandel yang meradang dan membengkak menjadi kehawatiran tersendiri bagi mereka yang anak atau kerabat yang menderitanya.

Sebenarnya amandel membengkak tidak harus selalu dilakukan operasi pengangkatan untuk menghilangkannya. Karena dasarnya amandel yang membengkak dan membesar terjadi karena peradangan. Jika peradangan telah sembuh, amandel akan mengecil kembali.

Jangan Sembarangan Memutuskan Untuk Mengoperasi Amandel

Operasi pengangkatan amandel sebenarnya hanya untuk pilihan terakhir jika amandel telah berubah menjadi sumber penyakit, bukan lagi penangkal penyakit. Pada saat itu, tak ada pilihan lain, amandel harus diangkat.

Amandel yang harus diangkat ini adalah amandel yang sudah menjadi sarang kuman berbahaya yang menimbulkan infeksi berulang. Dalam kondisi sehat, amandel memiliki peranan penting sebagai penangkal infeksi dari kuman-kuman yang memang sudah berdiam diri dimulut. Karena sistem kekebalan tubuh sedang stabil dan kuat, kuman-kuman tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Sebaliknya, ketika kondisi tubuh sedang menurun maka kuman-kuman yang berada di dalam mulut ini akan berkembang dengan cepat dan menjadi ganas. Inilah yang akhirnya dapat memicu peradangan pada amandel dan menyebabkan amandel membengkak.

Operasi amandel juga sebaiknya dilakukan pada pasien yang telah mengalami infeksi telinga tengah berulang, infeksi rongga hidung kronis, atau radang tenggorok kronis yang disertai dengan napas bau.

Untuk dapat menentukan batas antara perlu tidaknya dilakukan operasi, merupakan tahap yang harus dipikirkan oleh dokter karena ketika operasi dilakukan, akan ada beberapa efek samping yang nantinya mempengaruhi pasien penderita amandel terlebih jika operasi amandel yang tidak sesuai prosedur ini dilakukan kepada anak-anak.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *