Kesalahan Orangtua Yang Membuat Anak Mengalami Obesitas

Sebagian dari orangtua mungkin tidak sadar jika sikap dan kebiasaan terhadap anak, akan memberikan pengaruh positif dan juga negatif pada kehidupannya. Sama halnya tentang berat badan, Anda mungkin tahu jika orangtua yang mengalami Obesitas, dapat memicu anak tumbuh dengan Obesitas.

Kesalahan Orangtua Yang Membuat Anak Mengalami Obesitas

Selain itu, ada satu faktor lagi yang ternyata dapat memicu anak tumbuh dengan kelebihan berat badan hingga Obesitas, yaitu penilaian orangtua terhadap anak. Hal ini dijelaskan melalui sebuah analisis dari penelitian dalam jurnal kesehatan Psychological Science, orangtua yang menganggap anak mereka kelebihan badan justru akan membuat anak makin gemuk.

Dalam penelitian para ahli, pada anak-anak yang dianggap orangtua mereka gemuk di usia 4-5 tahun, cenderung akan mengalami kenaikan berat badan signifikan dalam hitungan tahun dibandingkan dengan anak-anak yang dinilai punya berat badan normal oleh orangtua mereka. Setelah dipelajari ternyata alasannya adalah anak-anak cenderung melihat tubuh mereka secara negatif karena orangtua mereka juga telah menganggap gemuk (negatif). Maka dari itu ada kemungkinan anak akan mencoba diet namun justru gagal dan malah menaikkan berat badan. Hal ini kemudian dipicu oleh pemikiran negatif dari diri sendiri yang sebenarnya dimulai dari orangtua.

Dari penelitian lain yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics menyarankan agar orangtua tidak perlu membahas tentang berat badan, diet, ataupun pentingnya menghitung kalori makanan dan lain sebagainya saat anak dalam usia remaja. Jika ingin anak sehat, maka itu pun harus dimulai dari orangtua, biasakan anak mengenal makanan sehat sejak kecil.

Kesimpulannya adalah, sebagai orangtua, hendaknya perlu berhati-hati dalam bicara dengan anak. Jangan sampai masalah berat badan justru akan membuatnya tumbuh jadi anak gemuk nantinya. Pastikan untuk membiasakan hidup sehat sejak ia kecil ya agar tumbuh jadi anak sehat.

Posted by Anak Kita Sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *