Ketahui Penyebab Serta Gejala Diabetes Pada Anak

Perlu diwaspadai, Diabetes juga bisa terjadi pada anak-anak lho bunda. Yap, tepatnya Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2.

Diabetes adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan keadaan dimana tubuh mengalami gagal fungsi dalam menghasilkan dan menyerap insulin. Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh sel-sel beta / pankreas yang berperan dalam mengatur metabolisme karbohidrat serta tingkat glukosa atau kadar gula darah di dalam tubuh.

Diabetes tipe 1 dalam hal ini merupakan kondisi dimana tubuh hanya memproduksi insulin sedikit dan bahkan tidak memproduksinya sama sekali. Sedangkan kita tau bahwa insulin ini sangat dibutuhkan untuk mengubah gula yang masuk kedalam tubuh untuk diubah menjadi energi. Jika insulin tidak dapat diproduksi maka tentu saja hal ini akan berakibat penderitanya mengalami diabetes.

Sedangkan Diabetes tipe 2 disini terjadi karena berdasarkan anak yang mrmiliki pola hidup tidak sehat. Makan dan aktifitas yang tidak seimbang sehingga terjadi kegemukan., namun baru muncul jika ada pemicunya dari lingkungan.

Ketahui Penyebab Serta Gejala Diabetes Pada Anak

Dan berikut ini, adalah gejala yang muncul pada anak karena Diabetes, diantaranya :

  • Mudah merasa haus.

Salah satu gejala umum dari penyakit diabetes pada anak adalah rasa haus yang meningkat. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan kadar gula darah. Mereka juga akan lebih suka mengonsumsi minuman dingin yang manis.

  • Sering buang air kecil.

Karena mereka sering minum, maka anak-anak juga akan sering buang air kecil.

  • Selalu merasa kelaparan.

Selain sering haus, anak-anak juga akan mudah lapar. Sebab tidak adanya insulin untuk mentransfer gula di dalam tubuh sehingga proses ini akan menghabiskan energi mereka dan membuat cepat lapar.

  • Penurunan berat badan yang tidak sehat.

Meskipun sering makan, namun anak-anak yang menderita diabetes akan cenderung kehilangan berat badan secara drastis.

  • Selalu lelah.

Seorang pasien diabetes juga akan mudah lelah sebab energi mereka terpakai untuk mentransfer gula ke sel tubuh.

  • Masalah penglihatan.

Karena kadar gula darah cukup tinggi, maka cairan di dalam tubuh pun akan meningkat. Termasuk cairan di dalam mata mereka. Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan masalah penglihatan.

  • Infeksi ragi.

Gejala diabetes juga dapat menyebabkan infeksi ragi organ vital anak-anak terutama pada anak perempuan. Hal inilah yang akan menyebabkan ruam popok.

  • Masalah perilaku.

Gejala diabetes mampu mempengaruhi perilaku anak. Mereka jadi mudah labil dan mudah merasa jengkel. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar gula darah yang tinggi.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah anak terkena Diabetes, diantaranya :

  • Perlu menerapkan pola hidup sehat.
  • Mengatur pola makan yang seimbang serta tidak berlebihan gula.
  • Mengurangi konsumsi makanan junk food dan minuman bersoda, serta
  • Ajarkan anak untuk rutin berolahraga secara teratur.

Yang paling penting adalah para orangtua lah yang seharusnya memberi contoh bagi anak agar menjalani pola hidup lebih sehat serta memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi supaya tidak berlebihan namun tetap dalam kadar yang pas.

Ketahui Penyebab Serta Gejala Diabetes Pada Anak |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *