Macam-macam Penyebab Anak Mengalami Sakit Perut

Kesehatan Anak,- Anak kecil terkadang sering mengeluhkan sakit perut. Ternyata sakit perut pada anak tidak hanya berasal dari satu penyebab saja. Anak-anak bisa mengalami sakit perut dikarenakan beberapa faktor, namun seringkali orangtua tidak sadar tentang bagaimana penyebab sakit perut pada anak dan hanya melakukan penanganan dengan memberikannya obat sakit perut.

Baca juga : Cara Cepat Penanganan Luka Bakar Pada Si Kecil

Padahal jika Anda lebih memperhatikan, kondisi sakit perut yang terjadi bisa sangat berbahaya karena jika salah dalam penanganan akan berakibat fatal! Untuk itu sebaiknya orangtua lebih mengenal mengenai beberapa penyebab sakit perut berikut ini.

Macam-macam Penyebab Anak Mengalami Sakit Perut

Sakit perut pada anak terjadi karena beberapa faktor, diantaranya :

1. Kembung dan kram pada perut.

Penyebab sakit perut kembung dan menyebabkan perutnya kram adalah konsumsi makanan berlebih atau memakan makanan yang mengandung gas. Cara menanganinya kompres dengan air hangat pada perutnya dengan lembut sampai dirasa keadaan membaik.

2. Sakit perut dan fesesnya keras.

Sembelit adalah salah satu penyebab sakit perut yang menyebabkan feses keras, sehingga susah untuk dikeluarkan. Jika terjadi pada anak, anak akan mengalami kelelahan dan tidak mau bermain. Untuk mengatasinya berikan anak jus buah pir atau prune yang diencerkan dengan obat pencahar. Beri anak makanan yang mengandung banyak serat.

3. Mual dan muntah, diare, demam hingga menggigil.

Penyebabnya adalah flu perut, keracunan makanan. Disarankan untuk Anda memberikan banyak cairan / berikan anak sup, untuk mencegah dehidrasi.

4. Sering buang angin, sakit perut setelah makan hasil olahan susu.

Penyebabnya adalah Intoleransi Laktosa. Disarankan untuk meminum susu dan keju yang bebas lakstosa juga beri anak pil lactaid sebelum memakan hasil olahan susu.

5. Sakit perut yang disertai radang tenggorokan dan demma.

Penyebabnya adalah infeksi tenggorokan. Disarankan untuk memberikan antibiotik yang dibutuhkan anak, untuk mengatasi radang tenggorokan.

6. Sakit perut disekitar pusar dan perut bagian kanan.

Penyebab usus buntu. Hal yang harus dilakukan segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

7. Sakit perut karena stress.

Biasanya anak akan mengalami sakit perut akibat stress, penyebabnya bisa karena jadwal sekolah dan les yang padat, atau juga gugup karena tes sekolah dadakan.

Macam-macam Penyebab Anak Mengalami Sakit Perut |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *