Manfaat Daun Pegagan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Manfaat Daun Pegagan,- Anda mungkin tidak asing dengan daun obat alami dari tanaman Pegagan. Diketahui berdasarkan sejumlah penelitian para ahli menyebut jika daun Pegagan bisa diolah menjadi ramuan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berdasarkan hasil penelitian selengkapnya, daun Pegagan diketahui memiliki kandungan sifat alami sebagai antiradang serta antimikroba sehingga sangat baik untuk mengobati luka ataupun menstimulasi pembentukan Kolagen.

Para ahli juga sepakat jika daun Pegagan bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan otak-otak terlebih jika diberikan pada anak-anak. Menurut pernyataan dokter seperti yang dilansir dari kanal berita Liputan6 menyebut jika anak akan lebih fokus dan merespon pelajaran dengan cepat setelah diberikan ekstrak pegagan.

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Mengenal Kandungan daun Pegagan.

Dibalik manfaat dan khasiatnya, daun Pegagan memiliki sejumlah kandungan alami, seperti Glikosida saponin, Centelloside, Hydrocotylin, Meso-inositol, Brahmoside, Madasiatic acid, Brahminoside, Brahmic acid, Thankuniside, Asiaticoside, Vellarine (zat rasa pahit), Zat besi, Karotenoid, Kalium, Natrium, Kalsium, Tanin, Isothankuniside, Madecassoside dan Magnesium.

Tips mengolah daun Pegagan untuk ramuan kecerdasan otak.

  • Mengeringkan Pegagan hingga kering lalu direbus.

Pengolahan dengan cara tersebut cukup mudah. Anda tinggal mengambil beberapa helai daun Pegagan, cuci bersih dan jemur dibawah terik matahari. Proses pengeringan daun Pegagan ini tidak akan mengurangi kandungan nilai nutrisi di dalamnya. Setelah kering, Anda bisa mencoba membuat ramuan berikut.

  • Siapkan kira-kira setengah sendok teh daun Pegagan yang kering.
  • Masukkan kedalam gelas dan seduh dengan air panas seperti saat menyeduh teh pada umumnya. Tunggu satelah beberapa saat lalu minumlah.
  • Ramuan bisa diminum 2 sampai 3 kali sehari agar lebih maksimal.
  • Mengolah daun Pegagan dengan kombinasi bahan lain.

Anda bisa langsung merebus daun Pegagan tanpa dijemur namun diberi tambahan seperti madu dan jintan hitam. Ketiganya menjadi kombinasi ramuan herbal yang luar biasa untuk membantu kecerdasan otak. Cara membuatnya yaitu :

  • Siapkan daun Pegagan segenggam saja, termasuk daun jintan hitam seneggang dan madu 1 sendok makan.
  • Tambahkan air putih kira-kira 1 gelas atau 200 ml.
  • Pastikan untuk mencuci terlebih dahulu bahan-bahan tersebut baru direbus di dalam panci.
  • Madu digunakan untuk penambahan agar memiliki cita rasa manis.
  • Komsumsi selagi hangat 2 kali dalam sehari.
  • Menjadikan daun Pegagan sebagai lalapan.

Anda bisa langsung saja konsumsi daun Pegagan tanpa harus ditunggu pengolahannya. Daun Pegagan bisa langsung dimakan sebagai lalapan.

Itu dia ulasan singkat tentang Manfaat Daun Pegagan Untuk Kecerdasan Otak Anak. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *