Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak Dan Balita

Sudah sedari dulu Madu dikenal sebagai cairan alami yang dihasilkan lebah dengan rasa manis. Madu ini berasal dari nektar bunga yang mekar, dan dihisap oleh lebah dan kemudian difermentasikan pada tubuhnya sehingga menghasilkan madu.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak Dan Balita

Dalam waktu berabad-abad lalu, khasiat Madu kemudian dimanfaatkan oleh kaum manusia, dan baik untuk segala usia termasuk anak-anak. Manfaat dari madu untuk anak-anak berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Madu memiliki beragam manfaat, di zaman dahulu para atlet Yunani kuno sebelum bertanding wajib terlebih dahulu mengkonsumsi madu agar daya tahan tubuh serta energi mereka lebih optimal. Peran madu juga dimanfaatkan sebagai terapi pengobatan alami bagi masyarakat timur ala Tibet.

Untuk anak-anak sendiri, Madu sangat-sangat direkomendasikan kecuali jika anak masih berusia dibawah 1 tahun tidak disarankan. Hal ini dikarenakan mereka masih memiliki sistem pencernaan yang belum terbentuk sempurna, sehingga jika diberikan Madu, malah dapat memunculkan reaksi alergi yang disebut Botulism.

Beberapa kandungan nutrisi alami yang terdapat pada Madu diantaranya :

Fruktosa; berperan membantu peranan glukosa dalam tubuh yang tersedia dalam jumlah kecil. Namun Fruktosa sebaiknya tidak dikonsumsi lebih terlebih pada anak-anak karena dapat memberatkan kinerja hati.
Glukosa; berfungsi sebagai peranan metabolisme tubuh dan penyediia energi bagi sel-sel tubuh.
Maltosa; senyawa yang diubah menjadi glukosa oleh tubuh sebagai sumber tenaga.
Sukrosa; merupakan zat yang berasal dari gabungan Fruktosa dan Glukosa yang ada pada tebu. Fungsinya sebagai sumber tenaga juga daya tahan tubuh.
Air; zat yang paling banyak dalam tubuh, dan komponen utama dari sel-sel dan sumber energi di jaringan tubuh.
Vitamin C; berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh.
Enzim Diastase; berfungsi untuk mengubah karbohidrat komplek dalam tubuh menjadi karbohidrat sederhana yang lebih muda diserap oleh tubuh.
Enzim Invertase; berfungsi untuk memecah molekul sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa yang mengoptimalkan penyediaan sumber energi bagi tubuh.
Enzim Okdisdase; berfungsi untuk membantu proses oksidasi glukosa menadi peroksida.
Enzim Peroksidase; berfungsi untuk melakukan proses metabolisme dalam tubuh.

Dengan kandungan alami yang dimiliki Madu, maka tidak heran jika Madu juga memiliki beberapa manfaat untuk anak, diantaranya :

1. Meredakan Batuk.

Madu dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk pada anak dengan bekerja secara efektif dan aman tanpa efek samping seperti pada obat kimia. Berikan Madu pada anak menjelang tidur dengan dosis 1 sendok makan secara rutin untuk membantu meredakan batuk yang dideritanya. Kandungan gula alami yang ada di dalam Madu tidak akan membuat batuknya semakin parah seperti yang banyak dipikirkan oleh orang. Justru kandungan gula buah alami itulah yang akan membantu membersihkan sistem pernafasannya dari infeksi atau dahak penyebab batuk.

2. Sumber energi.

Fruktosa pada Madu adalah pemanis alami yang dibutuhkan tubuh anak untuk memberikan energi. Di masa pertumbuhan, anak-anak sedang mengalami masa aktif yang sangat pesat dimana setiap saat ia membutuhkan energi untuk beraktivitas. Anak-anak cenderung lebih banyak bergerak saat berada dalam masa pertumbuhan dan itu berakibat pada energinya yang membutuhkan suplai cadangan lebih besar selain yang didapat dari konsumsi makanan utama sehari-hari. Konsumsi madu dapat mencukupi kebutuhan energi bagi anak disamping makanan utama lain untuk menunjang aktivitas fisik yang aktif dilakukannya sehari-hari.

3. Dapat mempercepat penyembuhan luka.

Dalam usia anak biasanya mereka lebih rentan terluka karena masih aktif dalam bermain. Jika kebetulan anak mengalami luka yang tidak terlalu berat, cobalah untuk memanfaatkan Madu sebagai obat alami yang akan mempercepat proses penyembuhan lukanya. Madu juga berfungsi untuk mencegah infeksi yang ditimbulkan pada luka. Caranya, cukup oleskan Madu secara teratur dan secukupnya pada luka.

4. Mencerdaskan otak.

Pemberian nutrisi pada anak adalah salah satunya dapat diberikan lewat konsumsi Madu dimana manfaat dari Madu sangat baik untuk otak anak. Berikan dosis Madu sekali sehari setiap hari agar anak mendapatkan manfaat yang maksimal. Sebaiknya, pastikan Anda mengetahui dengan pasti jenis Madu yang dikonsumsi oleh anak apakah madu murni atau telah dicampur dengan bahan lain untuk lebih memaksimalkan fungsi yang dapat diberikan ke dalam tubuh anak.

5. Sumber vitamin lengkap.

Madu hampir memiliki seluruh komponen Vitamin yang dibutuhkan oleh anak yaitu Vitamin B1, B2, B3, D, K, E, B5, asam nikotinat dan urin acid. Keseluruhan komponen Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh anak demi tumbuh kembang optimalnya. Kelebihan Madu adalah proses penyerapan Vitamin-vitamin ini ke dalam tubuh hanya memerlukan waktu satu jam setelah Madu dikonsumsi. Berbeda dengan vitamin yang berasal dari makanan lain yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap oleh tubuh. Hal inilah yang mendasari mengapa tubuh cenderung lebih cepat bugar dan kenyang tidak lama setelah mengkonsumsi madu dibanding saat mengkonsumsi makanan biasa atau cairan suplemen lain.

8. Membantu pertumbuhan serta peke Kembang Anak.

Madu alami memiliki kandungan zat besi (Fe) serta tembaga (Cu) dengan kadar yang cukup banyak dibandingakan ASI atau susu sapi. Kedua zat tersebut amat diperlukan tubuh anak untuk membantu perkembangan sel-sel tubuh dan membantu proses terbentuknya hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh anak. Dengan mengkonsumsi madu, tubuh anak akan berkembang lebih optimal dan perkembangan sel-sel tubuhnya pun lebih sehat dan cepat.

9. Meningkatkan daya ingat.

Madu yang dikonsumsi sejumlah 20 gram per harinya ternyata dapat memicu regenerasi sel-sel dalam otak dan menstimulus produksi hormon-hormon yang berperan dalam kecerdasan dan daya ingat anak. Hal ini menyebabkan Madu secara otomatis berperan besar dalam meningkatkan daya ingat otak anak. Daya ingat yang baik tentu sangat dibutuhkan oleh anak dalam pertumbuhannya untuk mengeksplorasi dan mempelajari berbagai hal di sekitarnya.

10. Meningkatkan sistem imun tubuh.

Kandungan zat besi dan vitamin kompleks dalam Madu berkontribusi kuat dalam perlindungan sistem daya tahan tubuh anak-anak. Usia anak-anak adalah masa dimana seluruh sel dan organ-organ tubuh sedang berkembang, maka dibutuhkan nutrisi pelengkap yang kuat untuk melindungi tubuh anak dari paparan penyakit atau virus yang rentan menyerang. Tubuh anak juga rentan terhadap infeksi akibat belum sempurnanya perkembangan organ tubuhnya, maka Madu dapat digunakan sebagai suplemen nutrisi untuk memperkuat imunitas tubuhnya agar terlindung dari paparan virus dan infeksi yang diakibatkan oleh virus tersebut. Berikan madu dalam dosis tepat untuk anak agar memaksimalkan fungsinya.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *