Memanfaatkan Madu Sebagai Obat Batuk Anak Tradisional

Apa yang Anda rasakan saat melihat si buah hati terkena batuk? Cemas dan khawatir sudah tentu, terlebih jika batuk pada anak semakin parah saat malam hari. Itu artinya, anak akan kesulitan tidur.

Berbagai cara pun Anda lakukan untuk mengatasi batuk pada anak. Masalanya adalah, sulit untuk menemukan obat batuk yang aman untuk anak dan tidak dan tidak menyebabkan alergi atau efek samping lainnya.

Memanfaatkan Madu Sebagai Obat Batuk Anak Tradisional

Bahkan, FDA menyatakn jika obat batuk anak yang ada di apotek hanya boleh dikonsumsi oleh anak-anak usia 6 tahun keatas. Lalu bagaimana jika anak-anak usia yang mengalami batuk?

Solusinya bisa beralih dengan menggunakan pilihan alternatif berupa herbal dengan memanfaatkan Madu. Madu sendiri dikenal memiliki beragam manfaat seperti :

  • Antibakteri, Antiradang dan Antijamur.
  • Sumber Antioksidan alami.
  • Baik untuk sistem pencernaan karena memiliki kandungan prebiotik.
  • Meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Menaikkan energi.
  • Dan sumber fitokimia yang penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Memanfaatkan Madu Sebagai Obat Batuk Anak Tradisional

Aturan yang benar memberikan madu untuk anak-anak.

Walaupun Madu memang tidak terlihat berbahaya, namun jika diberikan pada anak-anak harus sesuai aturan. Hal ini dikarenakan pada anak-anak dibawah usia 1 tahun, mereka bisa mengalami sakit akibat kandungan mikroorganisme yang masih terdapat pada madu.

Bayi seusia ini juga berisiko tersedak karena kemampuan menelan Madu belum sempurna. Selain itu, dengan memberikan madu pada bayi yang usianya kurang dari 1 tahun bisa membuatnya keracunan. Pada anak yang usianya lebih tua, madu juga dapat memicu reaksi alergi. Hal ini dikarenakan anak yang memang alergi terhadap serbuk sari atau pollen.

Secara umum, Madu aman dikonsumsi anak-anak diusia 1 tahun keatas. Asal dengan langkah aman dan bijak, tidak ada salahnya jika berkonsultasi hal ini dengan dokter, terutama jika anak-anak sedang dalam pengobatan tertentu.

Khasiat Madu untuk mengatasi batuk bekerja dengan cara melapisi membran mukosa yang meradang dan menenangkan bagian belakang tenggorokan. Sedangkan untuk rasa manis dari madu diklaim mampu mengurangi dahak sehingga keinginan batuk juga mereda.

Baru-baru ini para ilmuwan menemukan jika pada beberapa jenis madu ditemukan antioksidan berbeda seperti Vitamin C. Di samping dapat menguatkan sistem imun tubuh, sifat antimikrobanya juga efektif untuk melawan virus dan bakteri penyebab ketidaknyamanan serta iritasi. Madu yang kaya beragam antioksidan terbukti dapat membantu melawan infeksi saluran pernafasan atas.

Mengenai dosis madu yang disarankan dikonsumsi anak-anak berdasarkan usianya :
  • Balita 1-5 tahun: ½ sdt
  • Anak 6-11 tahun: 1 sdt
  • Anak 12 tahun ke atas: 2 sdt

Panduan lainnya adalah dengan memberikan ½ sdt madu per 11kg dari berat badan anak, sebanyak 4-5 kali sehari.

Jika batuknya tergolong parah, hindari memberikan madu selagi anak sedang batuk. Tunggu hingga batuknya mereda, lalu bantu mereka minum madu.

Rekomendasi lain : Obat Tradisional Untuk Redakan Batuk Pada Anak 1-6 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *