Mengatasi Cradle Crap Atau Kulit Kepala Berkerak Pada Bayi

Cradle crap, atau kerak pada kulit kepala bayi selama ini dicap sebagai hal yang wajar, benar? Biasanya Cradle crap ini muncul pada bayi yang baru saja dilahirkan. Namun tetap menjadi kewajiban ibu / orangtua untuk estetika penampilan bayi ini lebih optimal, bukankah akan lebih baik apabila Cradle crap ini segera diatasi?
Mengatasi Cradle Crap Atau Kulit Kepala Berkerak Pada Bayi

Berikut beberapa kiat dan tips Mengatasi Cradle Crap Atau Kulit Kepala Berkerak Pada Bayi dari berbagai sumber, diantaranya:

  • Menjaga kelembaban kulit kepala bayi agar tidak terlalu lembab oleh keringat atau air. Hal ini dikarenakan Cradle crap tidak akan segera mengering dan lepas seperti serpihan ketombe. Selain itu, kondisi kulit kepala bayi yang terlalu lembab dapat memicu rasa gatal dikarenakan pori-pori kulit tersumbat oleh kerak di kepala bayi yang tebal dan mengeras.
  • Gunakan air hangat untuk melunakkan Cradle crap di kulit kepala bayi. Sebagian besar dari Cradle crap yang menebal cenderung sedikit keras sehingga dipelrukan air hangat untuk melunakkannya, baru bisa dibersihkan sedikit demi sedikit.
  • Menggunakan baby oil adalah alternatif lain jika penggunaan air hangat cukup sulit untuk dilakukan. Gunakan tangan atau kapas lembut, kemudian berikan sedikit pemijatan pada kulit kepala bayi yang berkerak.
  • Memotong rambut bayi, dengan memotong rambut bayi, Cradle crap secara menyeluruh akan ikut terangkat bersama rambut bayinya.
  • Menyikat lembut atau dengan washlap, jika rambut bayi tidak dipotong, cara lainnya adalah dengan menyikat lembut seperti gerakan menyisir untuk mengangkat Cradle crap yang telah lunak. Tapi jika bayi telah dicukur rambutnya, gunakan washlap lembut dengan cara mengusap kulit kepala dari depan menuju belakang sambil dilakukan pemijatan.
  • Mencuci bersih, pasca pembersihan Cradle crap, segera cuci bersih kulit kepala bayi menggunakan shampoo khusus bayi dan air hangat. Pencucian kulit kepala cukup menggunakan washlap dan sebaiknya jangan diguyur karena dapat memicu rasa kaget bayi dan menimbulkan tangisan.

Artikel sebelumnya : Obat Penyakit Thalasemia Yang Aman Untuk Anak

 

Mengatasi Cradle Crap Atau Kulit Kepala Berkerak Pada Bayi |

Posted on Categories Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *