Mengatasi Demam Pada Anak Setelah Imunisasi

Tidak cukup sering jika proses imunisasi pada anak berdampak pada terjadinya demam. Namun sebaiknya apa yang harus dilakukan ketika demam terjadi pada anak setelah proses imunisasi? Dan berikut adalah apa-apa yang harus dilakukan dalam Mengatasi Demam Pada Anak Setelah Imunisasi, antara lain :

Mengatasi Demam Pada Anak Setelah Imunisasi

• Meningkatkan asupan air minum lebih banyak pada anak setelah imunisasi.

Cairan tubuh anak yang mengalami demam umumnya sangat mudah untuk menguap dan berisiko mengalami dehidrasi. Jika tidak segera ditangani, hal tersebut malah akan semakin membuat suhu tubuh anak meningkat. Maka dari itu, penuhi kebutuhan asupan air minum anak, setelah anak suntik imunisasi.

• Kompres air hangat.

Demam yang terjadi pada anak setelah imunisasi lebih baik dikompres dengan air hangat. Kompres air hangat membantu melebarkan pembuluh darah di permukaan kulit anak sehingga panas yang berasal dari dalam tubuhnya mudah keluar. Panas juga dikeluarkan bersama keringat setelah pemberian kompres tersebut.

• Pakaikan pakaian yang tipis.

Jangan pakaikan anak pakaian tebal dan berlapis setelah imunisasi karena hal tersebut malah semakin menghambat pengeluaran panas dari dalam tubuhnya. Anak demam sebaiknya menggunakan pakaian yang tipis untuk memudahkan panas keluar dari dalam tubuh.

• Berikan obat penurun panas.

Jika suhu panas tubuh anak lebih dari 37.5°C dan tidak mengalami tanda-tanda penurunan suhu tubuh, maka berikan dia obat pereda panas anak. Baca aturan tentang penggunaan obat tersebut dan berikan sesuai dosis. Jika perlu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada anak untuk pemberian jenis obat yang tepat.

• Pantau suhu tubuh anak secara berkala.

Sebaiknya pemantauan suhu tubuh anak dengan termometer dilakukan sebelum pemberian obat pereda panas. Lakukan setelah pemberian obat dengan durasi 30 menit hingga 1 jam setelahnya. Selanjutnya, pantau suhu tubuh anak setiap beberapa jam sekali untuk mengetahui perkembangannya.

Baca juga : Tips Paling Mudah Terhindar Dari Gigitan Nyamuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *