Pahami Syarat Ini Sebelum Memberikan Vaksin MR Pada Anak

Pemberian vaksin MR (Measless Rubella) sekarang ini sudah termasuk program imunisasi wajib yang harus dilakukan oleh setiap kalangan masyarakat termasuk anak-anak. Walaupun begitu, sebagian dari orangtua masih ragu untuk memutuskan apakah anak mereka akan diberikan vaksin tersebut atau tidak. Lalu apa saja yang sebaiknya dipahami oleh orangtua sebelum melakukan pemberian vaksin MR pada anak?

Pahami Syarat Ini Sebelum Memberikan Vaksin MR Pada Anak

Dilansir laman liputan6, Ketua Komite Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas PP KIPI), Hindra Irawan Satari menyebutkan syarat penting sebelum anak diberi imunisasi MR. Syaratnya adalah, anak haruslah dalam kondisi sehat, tidak sedang sakit sebab jika kondisinya sedang tidak sehat pembentukan antibodi tidak akan optimal.

Anak sehat memiliki ciri-ciri aktif, nafsu makan normal, mau menghabiskan makanannya dan lelap saat tidur. Berbeda dengan kondisi sakit pada umumnya, saat anak batuk dan pilek justru boleh mendapatkan vaksin karena kedua kondisi tersebut merupakan penyakit ringan dan bukan kontraindikasi dari pemberian vaksin MR.

Anak yang tidak boleh mendapatkan vaksin MR.

Anak-anak yang dilarang mendapatkan vaksin ME adalah mereka yang memiliki riwayat fatal terhadap alergi obat dan mengalami gangguan pada kekebalan tubuhnya.

Soal keamanan vaksin MR.

Vaksin MR dinyatakan aman oleh kementrian Kesehatan Republik Indonesia karena telah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), dan BPOM. Vaksin MR juga dinilah 95% lebih efektif dalam mencegah campakdan rubella dan telah digunakan oleh lebih 140 negara di dunia.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *