Pentingnya Omega 3 dan Omega 6 Bagi Perkembangan Otak Anak

Anak Kita Sehat,- Seberapa Pentingnya Omega 3 dan Omega 6 Bagi Perkembangan Otak Anak? Jika benar, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan tersebut?

omega 3 dan omega 6Seperti yang dikatakan oleh Prof Dr dr Ratna Djuwita, MPH dari Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Indonesia salah satu kandungan gizi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang paling optimal adalah kandungan asam lemak esensial (lemak tak jenuh ganda) atau yang lebih dikenal dengan Omega 3 dan Omega 6.

Beberapa dari sekian banyaknya khasiat dari Omega 3 Dan Omega 6 diantaranya adalah baik untuk meningkatkan kesehatan otak anak. Pemenuhan zat Omega 3 dan Omega 6 ini ada kaitannya dengan kecerdasan seseorang. Sebab manfaat Omega 3 dan Omega 6 ini sangat baik bagi perkembangan sel-sel dan saraf pada otak. Sayang sekali mengetahui bahwa hasil riset RISKESDAS pada tahun 2010 mengenai manfaat Omega 3 dan Omega 6 harian pada anak Indonesia masih tergolong rendah dari rekomendasi badan kesehatan dunia (WHO).

Mungkin Anda akan bertanya, bagimana jika anak-anak Anda tidak mendapatkan asupan Omega 3 dan Omega 6? Sebenarnya tidak ada ciri khusus yang membahayakan, akan tetapi tentunya jika kebutuhan zat nutrisi terpenuhi bukankah pertumbuhan dan perkembangan anak akan menjadi lebih optimal? Maka dari itu, setiap kandungan gizi dan nutrisi wajib untuk diberikan oleh orangtua kepada anaknya baik dari asupan suplemen dan makanan sehari-hari.

Cara yang paling mudah mendapatkan asupan Omega 3 dan Omega 6 adalah dari makanan. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan Omega 3 dan Omega 6 diantaranya adalah  ikan salmon, minyak kanola, buah avokad, minyak nabati, kacang dan biji-bijian, sayuran hijau seperti bayam, bunga kol, dan brokoli diketahui mengandung Omega-3 dengan kadar yang cukup tinggi. Konsumsi jenis sayuran diatas dapat diberikan dalam bentuk jus atau dimasak seperti biasa. Menurut situs WebMD, jenis makanna lain yang mengandung Omega-3 diantaranya adalah biji labu, oatmeal, cereal, dan minyak ikan cod. Beberapa jenis makanan yang terdapat di pasaran seperti margarin, yogurt, dan telur sudah diperkaya dengan penambahan Omega-3.

Penting: Meski para ahli lebih merekomendasikan makanan sehat yang mengandung jenis asam lemak tersebut, konsumsi suplemen Omega-3 mungkin dapat diperhitungkan dalam rangka memenuhi kebutuhan harian si kecil. Meskipun memang tidak ada resiko dalam mengkonsumsi suplemen Omega 3 dan Omega 9, ada baiknya Anda sebagai orangtua bertatap muka dengan dokter untuk berkonsultasi terutama seputar dosis yang tepat sebelum memberikan suplemen tersebut pada si kecil.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai Pentingnya Omega 3 dan Omega 6 Bagi Perkembangan Otak Anak. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda sebagai orangtua yang ingin memenuhi kebutuhan kandungan gizi si buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *