Penyebab Anak Sering Sakit-sakitan

Jika Anda adalah orangtua yang memilki anak dengan kondisi cukup sering mengalami sakit, pasti merasa khawatir. Taukah Anda mengapa anak bisa mengalami sakit-sakitan atau anak gampang sakit?

Pada umumnya kondisi anak usia 0-2 tahun memang masih bisa dianggap wajar jika mengalami sakit yang lumayan sering. Namun jika terus-menerus hingga usia semakin bertambah, hal ini patut menjadi perhatian.

Penyebab Anak Sering Sakit-sakitan

Dan berikut adalah beberapa penyebab yang bisa membuat anak menjadi lebih sering terkena sakit daripada anak-anak biasa, dantara lain :

1. Gangguan Imunologis.

Walaupun anak-anak yang sering sakit ringan terkadang masih dikategorikan sebagai gangguan imunologis ketika lagir. Anak yang mengalami daya tahan tubuh rendah akan sering mengalami infeksi.

2. Infeksi kronis.

Pada anak yang lahir normal tanpa adanya faktor bawaan sering sakit dapat terjadi dikarenakan infeksi kronis. Salah satunya dapat disebabkan karena melakukan kontak dengan penderita TBC sehingga anak tertular.

3. Karena faktor cuaca.

Dikarenakan pergantian musim/cuaca yang eskrim (seperti pancaroba misalnya) akan menyebabkan anak cukup rentan terkena gangguan kesehatan diantaranya alergi, pilek dan infeksi. Hal ini juga terjadi berdasarkan riwayat dari keluarga.

4. Akibat gangguan gizi.

Gangguan gizi yang terjadi pada anak juga dapat mengakibatkan daya tahan tubuhnya mudah terganggu. Pemenuhan makanan yang tidak tepat adalah salah satu penyebab dari kurangnya asupan gizi dan gangguan gizi pada anak. Bahkan anak yang sedang sakit seringkali nafsu makan menurun sehingga menjadi susah makan, padahal makanan adalah sumber nutrisi untuk memenuhi kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan anak.

5. Riwayat penyakit tertentu.

Anak yang sering sakit dapat pula dihubungkan dengan riwayat penyakit misalnya anak pernah mengalami penyakit tipus yang harus diberikan perhatian berlebih agar tidak mengalami kondisi yang serupa dalam rentan waktu yang singkat.

Itu dia 5 poin dari Penyebab Anak Sering Sakit-sakitan. Untuk mencegah anak kembali menderita sakit sebaiknya orangtua memperhatikan tiap-tiap makanan yang akan dikonsumsinya dan menjaga agar sistem pencernaan anak tidak bermasalah, memeberikan imunisasi, dan menerapkan pola hidup yang sehat untuk anak.

Baca juga : Mengatasi Demam Pada Anak Setelah Imunisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *