Ragam Penyakit Kulit Yang Bisa Diderita Anak Kecil

Dalam usia anak-anak, biasanya mereka rentan terkena beragam jenis penyakit, baik itu penyakit ringan atau penyakit yang cukup berat yang tertular dari lingkungan, atau termasuk penyakit keturunan keluarga. Hal ini mungkin saja dapat terjadi karena anak masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah. Sama halnya dengan kulit mereka, jaringan kulit pada anak-anak masih dibilang rentan terhadap penyakit, yaitu jenis penyakit kulit. Tidak hanya itu, terkadang di beberapa anak mereka cenderung lebih sering terkena alergi jika makan-makanan sembarangan, karena cuaca dan lain sebagainya.

Ragam Penyakit Kulit Yang Bisa Diderita Anak Kecil

Namun yang perlu Anda ketahui adalah, bahwa penyakit kulit yang terjadi pada anak bukan hanya alergi. Masih ada beberapa jenis penyakit lain yang menyerang kulit, yang biasa terjadi pada anak. Dan berikut ini, adalah beberapa penyakit kulit yang biasa menyerang anak, diantaranya :

  • Impetigo.

Impetigo merupakan jenis penyakit kulit yang merang anak kecil. Impetigo biasanya terjadi karena anak kurang menjaga kebersihan, sehingga terjadi infeksi bakteri stafilokokus atau streptokokus. Gejala impetigo terlihat dari kulit yang menjadi kemerahan dan melepuh serta berisi cairan dan berkerak. Impetigo dapat menular melalui sentuhan kulit ataupun berbagi barang pribadi seperti handuk dan mainan. Jika anak mengalami impetigo, sebisa mungkin usahakan agar anak tidak menggaruk luka agar Impetigo tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Anda dapat menggunakan antibiotik untuk menghentikan penyebaran pada kulit anak.

  • Biang keringat.

Biang keringat akan muncul dengan sendirinya jika anak berkeringat, ditambah jika mereka memakai pakaian yang terlalu tebal dan tidak menyerap keringat. Biang keringat dapat dikenali dengan ciri-ciri seperti adanya bintik-bintik kemerahan seperti jerawat di kepala, leher, bahu, punggung, atau beberapa bagian tubuh lainnya. Untuk itu sebaiknya usahakan agar anak Anda menggunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat apalagi mereka yang sangat aktif bergerak dan mudah mengeluarkan keringat.

  • Kurap.

Kurap merupakan jenis penyakit lainnya yang ditandai dengan adanya infeksi pada kulit yang disebabkan jamur yang hidup di dalam kulit mati, rambut, atau jaringan kuku. Gejala yang muncul akibat kurap adalah kulit menjadi kemerahan dan bersisik yang lama-kelamaan nanti akan terbentuk pola seperti cincin, kemudian kulit pun terkelupas, merah, gatal, dan melepuh. Kurap bisa ditularkan dengan cara bersentuhan dengan orang atau hewan yang telah terkena kurap, serta berbagi barang, seperti handuk atau mainan. Kurap sendiri bisa diobati dengan mengoleskan salep antijamur.

  • Kutil.

Kutil merupakan penyakit kulit yang tumbuh pada jari atau tangan anak. Salah satu cara penularan kutil adalah kontak dengan orang yang terinfeksi virus papilloma. Kutil bisa dihilangkan dengan dicabut hingga ke akar, kemudian dibalut dengan perban. Anak tidak boleh menggigit kuku atau kutikula untuk menghindari kutil.

Artikel sebelumnya : Pengobatan Anak Sakit Pneumonia Dengan QnC Jelly Gamat

Ragam Penyakit Kulit Yang Bisa Diderita Anak Kecil |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *