Tips Sehat Untuk Mengatasi Bayi Pilek

Pada situs anakkitasehat.com kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Tips Sehat Untuk Mengatasi Bayi Pilek seperti dilansir dari situs tribunnews, seperti apa kira-kira cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bayi yang pilek tanpa obat?

mengatasi bayi pilekWalaupun pilek adalah penyakit yang tergolong ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya, Anda sebagai orangrua wajib dalam membantu proses setidaknya mempercepat penyembuhannya agar pilek pada si buah hati cepat mereda.

Sebenarnya ada cara sangat mudah untuk mengatasi pilek yang terjadi pada bayi, menurut Dr. Amar Widhiani A, SpA(K), dari RS Premier Bintaro, jika bayi sedang terkena  pilek, berikan terus ASI. Ya, Kandungan ASI memiliki antibodi (imonoglobulin) yang secara alamiah memiliki kandungan zat penyembuh. Jadi ketika bayi Anda terkena pilek kemudian Anda berikan asi, bayi akan cepat sembuh tanpa harus memberikan obat-obatan.

Pada bayi di atas 6 bulan, karena asupan imonoglobulin dari ASI sudah semakin berkurang, malah ada yang sudah tidak diberi ASI lagi, tentu bayi memerlukan andalan lainnya untuk melawan pilek. Berikan banyak cairan pada bayi yang mengalami pilek, seperti minum air putih, sayuran berkuah yang banyak. Hal ini dilakukan supaya bayi tidak mengalami dehidrasi. Jika cairan dalam tubuh bayi baik dan terpenuhi, maka mukosa dalam mulut bayi akan lembap, daya tahan tubuh  bayi pun akan membaik.

Jika hidung bayi mampet sekali, boleh kita berikan tindakan dengan memberinya tetes hidung Nacl di hidung yang mampet. Tapi sebelumnya lakukan dulu upaya menghangatkan tubuh bayi. Bisa dengan pelukan, atau menggunakan cream penghangat yang dibalurkan di punggung, dan dada. Sebaiknya kurangi penggunaan air conditioner (AC-Pendingin suhu ruang) saat bayi di kamar atau ruangan. Mengapa? karena tentu saja dengan benda ini menyala, saluran napas bayi bisa kering. Jika demikian sudah tentu daya tahan tubuh bayi akan menurun.

Penggunaan inhalasi sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan untuk mengatasi pilek pada bayi. Tapi pada bayi di bawah 6 bulan diharapkan berhati-hati, serta harus dalam pengawasan dokter, apalagi jika inhalasi mengandung obat-obatan steroid.

Selain cara demikian, bayi juga dapat dijemur dibawah sinar matahari biasanya pada waktu / jam menunjukan pukul 07.00 atau 08.00 dalam kurun waktu tidak lebih dari 15 menit. Karena hangatnya sinar matahari akan membuat sekresi mencair dan membuat bayi lebih nyaman.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan Anda sebagai orangtua untuk mengatasi pilek yang terjadi pada si buah hati, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Salam sehat selalu untuk si kecil.

Tips Sehat Untuk Mengatasi Bayi Pilek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *